cover
Contact Name
Sri Indriati Hasanah
Contact Email
indriati_math@unira.ac.id
Phone
+6285230753012
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Raya Panglegur KM 3,5 Pamekasan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan
Published by Universitas Madura
ISSN : 14122952     EISSN : -     DOI : http://dx.doi.org/10.36513/interaksi
Core Subject : Education,
Jurnal Kependidikan Interaksi Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI" : 9 Documents clear
TINGKAT TUTUR BERBAHASA MADURA DALAM PENGAJIAN REMAJA MASJID PONDOK PESANTREN AL-AMIEN BUGIH PAMEKASAN Ria Kasanova
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.807 KB)

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada anggapan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi yang di gunakan oleh semua manusia di muka bumi ini sangat beragam hampir di setiap daerah memiliki bahasa dan dialek yang digunakan masyarakat. Bahasa Madura merupakan bahasa ibu bagi penduduk asli yang tinggal di pulau Madura dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Bahasa Madura pada saat ini sudah mulai luntur terutama bhâsa éngghi bhunten, karena pada dasarnya masyarakat Madura sudah banyak yang menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari. Dari latar belakang di atas, maka peneliti merasa tertarik untuk menganalisis “Tingkat Tutur Bahasa Madura dalam pengajian remaja masjid di Pondok Pesantren Al-Amien Bugih Pamekasan”. Metode penelitian ini termasuk metode deskripsi kualitatif dan hasilnya berupa deskripsi (uraian) sehingga teknik yang digunakan adalah observasi sebagai teknik utama dan merekam tuturan lisan yang di gunakan oleh remaja masjid di Pondok Pesantren Al-Amien Bugih Pamekasan. Hasil rekaman tersebut di transkripkan pada bentuk tuturan dan diolah menjadi data kualitatif. Hasil penelitian ini di peroleh bahwa penggunaan bahasa Madura yang di gunakan oleh  remaja masjid di Pondok Pesantren Al-Amien Bugih Pamekasan menggunakan satu onḍâgghâ bhâsa, yakni éngghi bhunten dalam pembawa acara, sambutan tuan rumah dan sambutan ketua pengurus, di mana terjadi kesalahan pada onḍâgghâ bhâsa éngghi bhunten  dalam pembawa acara dan sambutan tuan rumah pada tataran verbal, sedangkan pada sambutan pengurus terjadi kesalahan pada tataran nominal dan verbal. Dengan penelitian ini mampu memberikan sumbangan pengetahuan tentang penggunaan bahasa Madura supaya pembaca lebih mengetahui tentang penggunaan bahasa Madura di masyarakat Madura khususnya pada masyarakat kelurahan bugih.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI METODE PEMEBERIAN TUGAS (RESITASI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 4 PAMEKASAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016 Neny Yuliati
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.914 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan melalui metode pemberian tugas (resitasi) dengan menggunakan media visual di kelas XII IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 4 Pamekasan. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pamekasan semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan secara bertahap dimana hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 69,44% meningkat pada siklus II sebesar 86,11%. Selain itu aktivitas siswa terjadi peningkatan sebesar 11,11%, dan aktivitas guru juga terjadi peningkatan sebesar 19,23%. Dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas (resitasi) dengan menggunakan media visual dapat meingkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Pamekasan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI POKOK MAKNA DAN KETERKAITAN SIMBOL–SIMBOL SILA PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SDN LOMBANG DAJAH 02 BLEGA BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017 Zahlan Zahlan
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.805 KB)

Abstract

Selama ini  proses pembelajaran  PKn di kelas IV masih sering dijumpai adalah metode ceramah dan tanya jawab, dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang duduk. Hal tersebut tidak selamanya salah, hanya saja dalam beberapa hal siswa menjadi kurang aktif, diam, dengar, catat  hafal dan terkesan monoton. Dalam metode ini banyak siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dengan ciri-ciri; kurang bahkan tidak mengajukan pertanyaan dari materi yang diajarkan, tidak memberikan jawaban atas pertanyaan guru, kurangnya perhatian murid terhadap materi yang dijelaskan guru, hal lainnya yaitu; siswa kurang antusias mengikuti pelajaran PKn, serta hasil pembelajaran Pkn lebih sering menekankan pada  aspek kognitif saja. Kondisi seperti itu tidak akan  meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran Pkn khususnya pada materi memahami makna dan keterkaitan simbol sila – sila Pancasila. Siswa masih banyak yang belum mengetahui makna dari setiap butir sila Pancasila serta keterkaitanya dengan simbol dari setiap sila – sila Pancasila. Padahal pendidikan Pancasila sudah diajarkan sejak masih di Sekolah Dasar, dan tentu saja siswa sudah bisa menghafal setiap butir sila Pancasila. Namun, masih ada saja beberapa siswa tertentu yang ternyata tidak hafal urutan – urutan, serta simbol – simbol dari setiap butir sila Pancasila tersebut padahal Pancasila memiliki lambang pada setiap silanya, dan juga memiliki makna dan nilai yang terkandung dalam setiap butir sila Pancasila. Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST) ini bertujuan memacu siswa untuk bekerjasama, saling membantu, serta aktif dalam pembelajaran Lemparan pertanyaan, serta semangat kebersamaan dan saling membantu dalam menguasai mata pelajaran PKn materi memahami makna dan keterkaitan simbol sila - sila Pancasila. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman  yang optimal terhadap mata pelajaran PKn materi makna dan keterkaitan simbol – simbol sila Pancasila.
PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PROGRAM BELAJAR SENAM DI SDN KAJJAN 02 BLEGA BANGKALAN Suali Suali
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.103 KB)

Abstract

Pembelajaran senam membutuhkan perhatian khusus karena Senam merupakan salah satu cabang olah raga yang mengandalkan aktivitas, baik sebagai olah raga sendiri maupun untuk cabang olah raga lain. Kenyataan yang terjadi adalah penguasaan siswa terhadap materi senam masih tergolong rendah jika dibanding dengan mata pelajaran lain. Kondisi seperti ini terjadi pula pada SDN Kajjan 02 Blega, Bangkalan Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan siswa kelas VI bahwa penguasaan materi Senam oleh siswa masih tergolong rendah. Banyak siswa yang kurang aktif dalam mengaplikasikan atau memberikan komentar ketika diberikan perintah oleh guru. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada SDN Kajjan 02 Blega, Bangkalan menunjukkan bahwa pembelajaran senam di sekolah tersebut masih menggunakan model pembelajaran konvesional yakni suatu model pembelajaran yang banyak didominasi oleh guru, sementara siswa duduk secara pasif menerima informasi pengetahuan dan keterampilan. Hal ini diduga merupakan salah satu penyebab terhambatnya kreativitas dan kemandirian siswa sehingga menurunkan prestasi belajar mata pelajaran senam. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah model pembelajaran kooperatif. Melalui model pembelajaran kooperatif siswa diharapkan dapat mengemukakan pemikirannya, saling bertukar pendapat, saling bekerja sama jika ada teman dalam kelompoknya yang mengalami kesulitan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengkaji dan menguasai materi pelajaran Senam sehingga nantinya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA KELAS X SEMERTER I SMAN 4 PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Munawaroh Munawaroh
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.291 KB)

Abstract

Materi kimia yang sebagian besar bersifat abstrak cukup menyulitkan guru dalam menanamkan konsep. Penelitian Pembelajaran kimia terutama pokok bahasan ikatan kimia dengan menggunakan metode Role Playing sangat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah penelitian sebagai berikut 1. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi siswa dalm pembelajaran kimia. 2. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. 3. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan kwalitas  pembelajaran kimia karena guru lebih inovatif. Dengan tujuan Meningkatkan motivasi belajar,ketuntasan belajar pada siswa dan meningkatkan kualitas guru untuk lebih inovatif  pada materi pelajaran kimia melalui metode Role Playing. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket pra penelitian maupun pasca penelitian, lembar  observasi untuk pengamat (kolaborator), LKS untuk 2 siklus dan soal evaluasi untuk 2 siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Pamekasan kelas X MIPA tahun pelajaran 2015-2016. Dari hasil penelitian diperoleh Penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi belajar siswa ,  mampu meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar dan  guru akan merasa tertantang untuk lebih inovatif dalam setiap pembelajaran.
USING AUTHENTIC MATERIALS IN IMPROVING EFL STUDENTS’ ENGLISH SKILLS Devie Reztia Anjarani
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.88 KB)

Abstract

Nowadays, authentic materials are considered as important tools for the teachers in improving their EFL students language skills and moreover as an effective way in transmitting the knowledge to the students. In this paper, the writer will discuss more about how the authentic materials use can improve students’ four language skills since there are number of studies proved that authentic materials is useful in motivating and improving their language skills. Furthermore, this paper also will show the effectiveness of authentic materials applied on listening, speaking, reading, and writing classes.
DEVELOPING LEARNING MEDIA USING AUDIO VISUAL FOR STUDENTS GRADE VII AT MTS. MIFTAHUL IHSAN Yuliarsih Yuliarsih
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.168 KB)

Abstract

The English teaching and learning at MTS.Miftahul Ihsan, Sumenep for students grade VII was considered unable to achieve its learning purpose. The main problem was that there was not an appropriate learning media used in the learning activity.So that objective of the development is to produce the appropriate learning media using Audio Visual.The procedures being implied were collecting information using kinesthetic, audio and visual learning style, developing learning media, validation from expert of design and expert of learning content, trying out the learning media through individual experiment, small group experiment and field experiment, revising the learning media, and finally packing the learning media. From the try out, the data showed the applicability of the learning media could motivate the students in learning English. It was reflected in the data collected from the questionnaires and class room observation. The data collected from observation showed that the learning media of using audio visual are appropriate for the students.The final product of the development is learning media using audio visual. The learning media was packed in the form of compact disc. It contains the materials studied for grade VII.
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS V SDN BLEGA OLOH BLEGA BANGKALAN TAHUN 2016/2017 Masniyah Masniyah
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.136 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Blega Oloh, Blega, Bangkalan, Tahun 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu , siklus I (67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dam motivasi belajar siswa kelas V SDN Blega Oloh, Blega, Bangkalan, Tahun 2016/2017, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK THINK TALK WRITE (TTW) SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WARU PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Evi Rufaidah
INTERAKSI : Jurnal Kependidikan Vol 12, No 1 (2017): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.68 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan Narasi dengan menggunakan teknik TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015, (b) Mendeskripsikan respon siswa terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan Narasi dengan menggunakan Teknik TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015, (c) dan mendeskripsikan hasil peningkatan menulis karangan narasi dengan menggunakan Teknik TTW siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian tindakan sebagai usaha untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Kegiatan setiap siklusnya meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas X SMA Negeri 1 Waru Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik TTW dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I keaktifan siswa 40% (kategori kurang) dan pada siklus II keaktifan siswa 61% (kategori cukup). (2) Respon siswa XA SMA Negeri 1 Waru Pamekasan setelah mengikuti pelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan TTW termasuk respon positif sehingga efektif untuk digunakan. Hal ini dapat dilihat dari prosentase siklus I yang setuju bahwa TTW dapat memotivasi dalam belajar menulis karangan narasi sebanyak 45,15% (kategori kurang), pada siklus II  sebanyak 85,71% (kategori sangat baik). (3) Hasil Belajar siswa kelas XA SMA Negeri 1 Waru Pamekasan setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik TTW telah meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil rata-rata siswa menulis karangan narasi pada siklus I adalah 72,38 (kategori cukup baik), pada siklus II meningkat menjadi 84,57 (kategori sangat baik).

Page 1 of 1 | Total Record : 9